Puncak Sejati (Raung Mountain 3332 Mdpl)

Posted: February 28, 2012 in Turtle Journey

Berawal dari iseng-isen buka facebook muncul sebuah note yg bertuliskan itenerary g.raung dari bang djal gm,dalam benakku wah mantep juga nih kalo ikutan, lagian mau backpackeran solo trip ke kawah ijen kan batal, eits…. btw gunung raung dimana ya??? Kok baru denger aku, maklum ane kanmasih newbie dalam hal pergunungan. Tanpa banyak fikir panjang langsung aku tanya ke mbah google,
taraaaa muncul deh info lengkap mengenai gunung raung, setelah baca2 beberapa paragraf dalam hatiku berkata gile nih gunung sepertinya menantang dan patut untuk dicoba,semangat mengebu2 pun membara layaknya pejuang yang akan bertempur untuk membela negaranya.

Hari berganti hari tapi persiapanpun urung aku lakukan karena terganjal pekerjaan, baru H-1 kelabakan pinjem sana-pinjem sini, mulai dari pinjen carryl imut2 punya mbak may marazzi sampai camdig kepunyaan mas hari suseno, alhamdulillah boleh dipinjem juga, arigato matur thankyou sebelumnya atas barang yang telah dipinjamkan. wokaiii hari sabtu pun tiba, pagi2 sebelum berangkat kerja aku sempetin mampir dulu ke st.gubeng untuk cari tiket kereta api bisnis mutiara timur untuk ke kalibaru(kan pendakian kali ini kita lewat kalibaru), bukannya sombong atau banyak uang,tapi hari itu musti lembur sampe jam 21.30 jadinya musti ambil jadwal kereta yg jam 22.30, lagian temen2 yg laen jg dah berangkat duluan pake kereta ekonomi jam 14.00, gpp lah berangkat sendiri. Jam sudah menunjukkan pukul 22.30 dan kereta mutiara selatan dah standby di stasiun, perjalanan 6 jam menuju kalibarupun dimulai, tepat pukul 04.30 hari minggu sampai juga di st.kali baru dan langsung telepon temen2 yang dah dateng duluan untuk minta dijemput, gk sampe 5 menit pun seseorang menjemputku dan kami pun berkenalan, panggil saja dia bang josinyo hahahhaha.

Setelah itu pun kami langsung meluncur ke basecamp regass pala milik bang jos, gk sampe 5 menit dari stasiun akhirnya kami tiba di basecamp. Didalam basecamp tergolek terkapar tak berdaya diantaranya bang djal gm, wong bulu, apoey kompeni dan onoy trekk hikink, mungkin karena menempuh perjalanang panjang naek si ular besi kelas ekonomi wkwkwkkwkw.
Setelah berbincang dengan bang jos mengenai pendakian dapat info bahwa pendakian akan dimulai hari senin dan itu berarti ngecamp satu hari di pos 1 (ex p.sunarya), kenapa ex p.sunarya karena p.sunarya dah pindah dari tuh tempat,pindah ke seberang sungai noohh, ntar kalo mulai naek juga keliatan bilik p.sunarya yg baru xixixixiix
kembali ke laptoppp, eh maksudnya kembai ke rencana pendakian,kalo mulai pendakian hari senin berarti turun hari kamis,wah gaswat musti cuti 4 hari donk ane, bisa2 pulang dari raung didepak dari kerjaan,setelah aku memelas iba akhirnya bang jos mau mendaki mulai hari itu juga, Hhahah thanks before bang.

Okay pagi2 pun kami langsung packing dan cari warnet untuk ngeprint perijinan pendakian,untuk perijinan diperlukan 3 berkas,yaitu ke kecamatan,polisi sama ke perhutani kalo gak salah,dan semuanya free alias gretoong…(maklum ane gk ikut buat tuh surat).jam pun dah menunjukkan pukul 10 kendaraan pengantar pun siap di depan basecamp.kali ini kita diantar abang2 temen2 bang jos dengan biaya ganti bensin ke POS 1 sebesar 30.000, oke bang berangkat
biasanya kalo naik ojek dari st.kalibaru ke pos awal pendakian lebih dari 30.000 itu pun gk bakalan diantar sampai POS1 mentok2 sampai jembatan. Setelah pejalanan selama 1 jam melewati perkebunan cokelat dan kopi milik PTPN kalibaru akhirnya sampai juga di pos 1. dipos inilah kita langsung mengisi perbekalan air selama pendakian,maklum kan selama jalu pendakian ke gunung raung gk ada air sama sekali,jadi sangat amat disarankan mengisi air sebanyak-banyaknya di pos 1 ini.oke kawan2 ayo isi jerigen air 5 liternyaaa sampai penuh,jangan lupa botol air mineralnya jg diisi(rata2 kami membawa air sebanyak 7 liter peranak).setelah selesai mengisi air tidak lupa kami semua berdoa agar perjalanan kami selamat selama perjalanan hingga kembali kerumah masing2 tanpa kurang satu apapun,amien.

Oke tepat pukul 11.15 kami mulai perjalanan pendakian,seperti bebek yg berjalan rapi kamipun menyusuri hutan g.raung yg lebat.setelah menempuh perjalanan beberapa jam akhirnyaa kamipun sampai di pos 2 atau dikenal POS SEMAR tepat jam 15.30,sebenarnya masih memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke shelter setelah pos 2,tp menurut bang jos shelter2 yg ada gk menampung 2 tenda dan pos 3 masih jauh maka diputuskan ngecamp di pos 2 ini.pos 2 ini sangat lebar hingga dapat menampung 4 tenda kalo mau bersih-bersih dulu sih😀. Hari berganti malam dan kamipun terlelap  berselimut dinginnya hutan g.raung,tak terasa jam menunjukkan pukul 5 pagi hari senin kamipun langsung memasak untuk mengisi energi,karena hari ini rencananya kita langsung gas polll sampai ke pos 4. Jam dah menunjukkan pukul 08.00 dan semua sudah dipacking kembali dan siap melahap track yang panjaanngggg (disarankan mulai di pos 2 ini memakai gather/pelindung kaki,kaus kaki panjang dan sarung tangan) karena jalur yang akan dilewati banyak tumbuhan berduri yang sangat amat menyiksa.

Perjalanan panjang pun dimulai dengan langkah pasti dan stabil kamipun menyusuri jalan setapak yang samar2 karena masih rimbun tertutupi semak2,wuiihhhhh mantep jalannya masih alami bangettttt hutannya pun masih alami jam 08.00 serasa masih pagi banget karena cahaya matahari belum menyentuh tanah akibat rimbunnya hutan….
setelah berjalan beberapa jam akhirnya sampai POS 3 atau POS PETRO,tak terasa perut sudah keroncongan ternyata sudah jam 12.30 kami pun rehat sebentar di pos ini guna memanaskan air untuk minum kopi sembari makan-makanan ringan.

 

Setelah 30 menit istirahat dan mengisi ulang energi kami pun berjalan kembali menyusuri belantara rimba g.raung. setiap berjalan 1 jam dari pos kita akan menjumpai shelter2 yang cocok untuk break sebentar untuk minum atau merokok (bagi yg merokok,kalo ane anti rokok sob),karena sering istirahat ditiap2 shelter akhirnya kita kemalaman dan sampai di POS 4 atau POS BAGONG pikul 19.00, setelah sampai pos 4 kita mendirikan tenda dan istirahan guna persiapan summit attack besok pagi.

Pagi pun munyambut kami dengan cuaca yang sangat cerah,hampara sajadah awan yang sangat putih terpampang didepan tenda kami,mari kawan kita makan dan membawa perbekalan untuk summit. Tepat pukul 08.00 hari selasa kami menuju puncak sejati,perjalanan kepuncak sejati sungguh menyeramkan dan sungguh menguji keberanian kita(dalam hal summit kali ini mental yang berbicara) oke puncak bendera telah dilalui dengan aman kemudian lanjut ke shirotul mustaqim,kenapa di sebut shirotul mustaqim??? Ini karena jalur pijakan kita hanya 50 cm kalo gk salah(belum sempet ngukur cuy…) dan kanan kirinya langsung jurang losssssss hahhahah ngeri euy…. Setelah melewati shirotul mustaqim kita melipir melewati puncak 17  dan melanjutkan ke puncak tusuk gigi dan tujuan utama kita yaitu puncak sejati. Oh iya lupa??? Kali ini kita menuju puncak sejati tanpa menggunakan alat2 climbing atau alat2 SRT  maklum kita pada gk punya,jadi hanya berbekal kenekadan dan kita percayakan keselamatan kita pada ALLAH SWT. Kita menyusuri tebing yang rapuh dan kadang2 kita juga haru climbing bebas untuk mencapai atas.Sampai dipuncak sejati pukul 10.30 dan langsung membuka perbekalan karena udah keroncongan belum di isi dari pagi hahhahaha.

ke puncak sejati kali ini ada beberapa misi diantaranya kita juga memasang plat puncak yang telah lama hilang,ada juga misi teman kita si onoy trekk hiking untuk mendapatkan jawaban cintanya atas belahan hatinya,dan lain2.
jam dan menunjukkan pukul 12.00 akhirnya kita putuskan untuk kembali ke pos 4 guna packing dan turun kebawah dan kembali ke peradaban atau kembali ke kandang masing2.
cerita masih lanjut euy.

perjalanan turun kali ini lebih menantang karena disambut dengan rintik2 hujan,kenapa menantang???? Karena konon katanya kalau hutan g.raung ini terkena hujan para penghuninya alias pacet aliah lintah bakalan keluar hiiiii…. Atut…..,tak terasa sudah sampai di POS 1 lagi dan kami melanjutkan kebawah lagi karena tidak mau merepotkan abang2 yg menjemput kami susah payah naik sampai POS 1.taraaaa…. sampai di jembatan abang2 yg menjemput kami ternyata sudah standby dan kami ber6 pun diantar kembali ke basecamp REGASS PALA.

Our Pictures

This slideshow requires JavaScript.

Special Thanks to :

  1. Allah SWT
  2. kedua orang tuaku yang senantiasa mendoakanku
  3. team raung summit (josinyo raung regass,djal gm,apoey kompeni,onoy trekk hikink and wong bulu)
  4. Segenap keluarga besar REGASS PALA
  5. abang2 yg nganter dan jemput kita.
  6. Maya atas pinjeman Carryl Imut2nya
  7. Mas Hari atas pinjeman camdignya.
Comments
  1. Wong bulu says:

    Wow kakak wow,terimah kasih banyak ya sudah menjadi teman seperjalanan yg luar biasa..ahaha

  2. bintangkecil says:

    gilaaaaaaaaaa . itu gunung batuu ??? waaaooww . ckckck

  3. @wong bulu : ayo balik lagi
    @bintangkecil :gunungnya nggak gila,yg gila orangnya

    • bintangkecil says:

      dan aku baru tersadar klo aku pernah comment disini . hahaha
      dulu aku bukan penggila bahkan menjadi penikmat saja tidak pernah kepikiran . tp skrg berbeda . hahahaha . ini MIMPIKU !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s