Menggapai Puncak Para Dewi (Rinjani Mountain 3726 Mdpl)

Posted: February 28, 2012 in Turtle Journey

Perjalanan Puncak Double R (Raung + Rinjani) masih separuh jalan, setelah sukses menapaki puncak sejati Gunung Raung sekarang saatnya menuju Puncak Para Dewi (Rinjani 3726 Mdpl), Pejalananku kali ini berlangsung setelah lebaran tepatnya tanggal 1 September 2011 bersama rekan2 KPAW dll.

Day 1 – 1 September 2011

Untuk menuju ke sembalun sebagai entry poin kali ini terasa lama sekali mulai dariSurabayahingga Sembalun memerlukan waktu 24 jam, berangkat dariSurabayajam 16.00 sampai disembalun kira2 pukul 17.00 keesokan harinya. Setelah sampai RTC sembalu kami langsung buka tenda dan memasak lalu tidur guna menjaga kondisi untuk pendakian ke esok harinya.

Day 2 – 2 September 2011

Malam pun terasa cepat berganti dengan pagi, karena sibuk packing ulang pagi itu akhirnya kami tidak memikirkan memasak, untung saja warung disamping RTC sudah buka dan kami pun memesan mie instant 4 porsi untuk makan ber delapan. Jam sudah menunjukkan pukul 9 dan kami pun mulai pendakian “dan tidak lupa berdoa sebelum jalan”. Perjalan 3 jam pertama didominasi denganpadangalang2 yang sebagian bekas terbakar. Sesampainya di Pos 1 jam sudah menunjukkan pukul 13.00 kami pun beristirahat sekedar melepas lelah dan mencari tambahan air. Setelah istirahat dirasa cukup perjalanan kami lanjutkan pos demi pos terlewati. Sesampainya di Pos 3 tantangan baru dimulai dengan dimulainya tanjakan demi tanjakan di bukit penyesalan yg rasanya tiada ujungnya, karena disini sudah mulai gelap saya putuskan untuk duluan agar nggak terlalu malam sampai di pelawangan sembalun, sesampainya di pelawangan pukul 19.00 ternyata teman2 yg lain belum ada yg datang, mau masak gk ada nesting mau buka tenda,tenda di bawa temen2, alhasil sesampainya di pelawangan kedinginan karena anginya pada saat itu lagi kuencenggggg.
Jam Sudah menunjukkan pukul 20.00 satu demi satu teman2 sampai di pelawangan dan langsung kami menbangun tenda dan memasak logistic. Perjuangan belum sampai disitu saja, reencana memasak pun gagal karena persediaan air tinggal sedikit dan kami putuskan untuk langsung tidur saja karena air rencananya kami gunakan untuk summit attack nanti.

Day 3 – 3 September 2011

Jam pun berlalu dengan sangat cepat rasanya, serasa baru tidur 5 menit dibangunkan teman2 ternyata sudah pukul 03.00, pada summit attack kali ini tanpa persiapan sama sekali (malam belum makan+summit attack jg enggak makan). Kukira puncak Rinjani seperti puncak mahameru, ternyata salah besar puncak rinjani terasa lebih jauh dan agak berat(“mungkin perasaan saya, gimana menurut kalian??”).

Setelah menempuh perjalanan selama 5 jam dan di warnai dengan insiden meminum beberapa teguk spirtus(kukira berisi air putih, ternyata di botol samping tenda adalah spirtus bening) akhirnya sampai juga dipuncak. Sesampainya di puncak sekitar pukul 08.00 udara pun tidak teras dingin lagi. Sambil menunggu teman2 yg lainnya kami sempatkan beristirahat dan memakan beberapa makanan ringan yg kami bawa, dari puncak Rinjani inilah segara anakan terlihat mempesona(menurutku adalah salah satu tempat paling mempesona digunung setelah Ranu Kumbolo Semeru). Tepat pukul 10.00 setelah semua teman2 sampai dipuncak akhirnya saya turun dan turun kali ini pun sama seperti perjalanan naiknya yaitu tanpa bawa minum sama sekali(please don’t try).

Setelah packing ulang kami semua melanjutkan perjalanan turun menuju segara anakan guna bermalam disana,untuk turun dari pelawangan sembalun menuju segara anakan kita hanya perlu mengikuti jalur kearah kanan setelah pelawangan(apabila lurus kearah puncak). Perjalanan turun didominasi dengan jalan yg berbatu dan pada saat itu malam sudah menjelang, alhasil kami terpisah satu dengan yg lainnya.

Sesampainya di segara anakan derita kembali muncul (apalagi kalo bukan masalah air) alhasil kami tidak makan malam untuk kedua kalinya. Sebenarnya jarak mata air dari camping ground segara anakan hanya berjarak 5 menit, mungkin karena terlalu capek kami memutuskan lagi untuk puasa makan malam lagi (“tragis”). Pagi pun menjelang di segara anakan, sungguh ciptaan yang sangat luar biasa dari Yang Maha Kuasa dengan pemandangan alam yang sangat indah sekali(sulit diungkapkan dengan kata2 :D).

Day 4 – 4 September 2011

Pagi itupun keceriaan mewarnai semua yg telah sampai disegara anakan senda gurau,canda-tawa kami semua memecah keheningan segara anakan pagi itu dan tidak lupa kami semua mengabadikan moment di segara dengan berfoto bersama-sama. Tidak lupa  kami semua juga mencicipi sumber air panas yang tepat dibelakan camping ground kami. Setelah waktu menunjukkan pukul 14.00 keceriaan di segara anakan pun kami usai,segera kami packing guna meneruskan perjalanan ke RTC Senaru. Perjalanan kali ini pun dibumbui dengan kisah mistis gara2 porter yg berasal dari suku sasak bilang “kalo setelah pukul 18.00 jangan berhenti lama di Pos 3 gara ada hantunya disana mas” alhasil dengan sugesti  tersebut saya berlari sebelum sampai Pos 3 hingga Pos 1 dan kemudian berhenti disana karena banyak yg ngecamp disitu (kalo di inget2 konyol jg). Sampai di pintu gerbang Senaru pukul 22.00 kami pun istirahat  dan memesan beberapa makanan karena di pintu masuk dari senaru ini selalu ada warung yg buka. Setelah selesai makan dan beristirahat kami melanjutkan ke RTC senaru dan sebagian teman2 menunggu yg lain dating di pintu masuk Senaru. Perjalanan dari pintu masuk ke RTC memakan waktu hamper 1 jam dan diiringi dengan lolongan anjing buas milik penduduk sekitar yg menjaga ladang mereka dan sedikit menciutkan nyali saya(hehheheh.. atuttttt ama anjing)
akhirnya sampai juga di RTC Senaru tepat pukul 12.00, setelah mandi di RTC saya langsung masuk  sleeping bag dan terlelap di alam mimpi.

This slideshow requires JavaScript.

RINJANI Mountain…     Someday I’ll Back….