Mendaki Gunung Diwaktu hujan

Posted: February 28, 2012 in Just Share About Adventures

Mendaki gunung diwaktu hujan tentunya kita bakalan hujan-hujanan ria a.k.a berbasah-basahan,dan sebaris kalimat yang terlontar dari teman saya yang masih saya ingat selama ini  adalah “jangan berharap bisa tidur nyenyak dikala musim hujan apabila digunung” dan kata2 itu selalu terbukti dikala mendaki pas musim hujan😀.  mendaki gunung saat hujan memang resikonya 2x lipat dibanding mendaki gunung disaat kemarau,sehingga diperlukan persiapan yang matang, oleh karena itu jauh-jauh hari kita musti memepersiapkan segala sesuatunya secara matang baik itu persiapan fisik maupun peralatan. untuk persiapan fisik bisa kita lakukan 1 bulan sebelum memulai pendakian dengan level yg meningkat setiap harinya dan menurun sebelum hari H.(bisa lari pagi,skotjump,naik turun tangga). Namanya musim hujan jadinya kita musti mempersiapkan peralatan tempur untuk cuaca dingin, pemilihannya juga nggak boleh asal-asalan jangan karena bisa melindungi dari basah kita asal bawa. sehingga dimaksidkan nantinya kita nyaman walaupun hiking dalam musim hujan.

adapun tipsnya sebagai berikut :

1. Selalu bawa raincoat/ponco/jas hujan

Adaberbagai model dari jas hujan mulai dari yg berbentuk kelelawar,berbentuk seperti daster emak-emak dan juga berbentuk yg seperti baju hem lengan panjang lengkap beserta celanannya. nah yg paling terakhir inilah yang paling saya rekomendasikan,bukan hanya simpel,ringan,murah,tetapi safety banget dan yg penting    dapat menahan air biarpun hujan deres banget dan pastinya enggak ribet kalo dipakai buat jalan. dan pastikan jas hujan ini ditaruh ditempat yg mudah dijangkau dari carryl atau day pack sehingga kalau hujan mendadak enggak ribet ngambilnya dan jangan sampai kejadian ribet mau ngambil jas hujan dikala hujan dan setelah dapet udah basah kuyup baru memakai jas hujan malah2 bisa mengakibatkan hypothermia <- musuh paling mematikan dikala hiking musim hujan.

payung lipat sebenernya juga bisa dipakai sebagai salah satu proteksi, tetapi pemakaiannya disesuaikan denganmedan(kondisi jalur,kecepatan angin)

2. Gunakan pakaian yang mudah kering

Pakailah pakaian yang berbahan katun,karena kain katun sangat baik dalam menyerap keringat dan juga cepat kering, dan di HARAMkan memakai pakaian berbahan jeans,walaupun jeans dirasa bahan yg tidak mudah sobek tetapi bahan jeans ini sulit kering dan akan semakin berat jika dipakai jalan.

3. Gunakan Rain cover

Rain cover sangat diperlukan walaupun daypack/carryl kita sudah ada lapisan anti airnya tetapi kadang air ngrembes lewat jahitan sehingga barang2 yg didalam bisa basah.perlu di ingat karena barang2 yg didalam carryl/daypack adalah nyawa kedua bagi kita,kalu itu basah maka tak tahu nasip kita akan jadi apa setibanya digunung nanti.

4. Bawa perlengkapan anti dingin extra

Perlengkapan anti dingin extra disini saya maksudkan jangan hanya membawa sebuji saja usahakan ada cadangannya. sehingga apabila pas dipakai salah satunya basah masih ada penggantinya. untuk perlengkapan standart anti dingin :

(backlava/kupluk,syal,jacket,sweeter,sarung tangan,celana training,kaos kaki,sleeping bag).

5. Bawa perlengkapan seperlunya

Karena pendakian pas musim hujan biasanya lebih sulit dibanding musim kemarau,dikarenakan jalur yg licin,udara lembab sehingga tubuh akan cepat sekali capek apabila melakukan hiking pada waktu musim hujan,sehingga jangan membawa beban yang terlalu berat yg justru akan mempersulit kit sendiri nantinya.

6.Bungkus dalam plastik

Bungkus semua yg ada dalam carryl atau daypack kedalam plastik, lebih bagus lagi apabila dibungkus double sehingga proteksi terhadap air hujan yg dapat membuat bawaan kita menjadi basah bisa diminimalisir.

7. Pisahkan flysheet tenda

Sering kali kita mendirikan tenda pas waktu hujan tiba. sehingga apabila tenda utama basah tentunya hal itu akan menganggu kenyamanan kita nantinya. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut pisahkan flysheet/cover tenda agar pas hujan bisa menutupi pada saat membangunan tenda.

8. Gunakan alas kaki yang memiliki sol yang terbuat dari karet lunak dan mempunyai motif sol yg tebal. Penggunaan alas kaki ini sangat penting, kadang kita hanya asal-asalan memakai alas kaki asal nyaman dikaki jadi kita pakai untuk kegiatan hiking yang justru malah dapat mencelakakan kita,sehingga pilihlah sepatu/sandal (sebenarnya sandal not recomended)yg memiliki sol yg terbuat dari karet lunak dan memiliki motif yg tebal (motif tahu) sehingga nantinya dimaksudkan agar dapat mencengkram tanah yg becek karena hujan dan tidak licin pada saat kita gunakan berpijak pada batu.

9. Usahakan pendakian pada pagi hari,karena biasanya pagi hari digunung jarang turun hujan.

Okai….

KEEP SAFETY,KEEP SMILE and KEEP CLEAN…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s