Jalur Pendakian Gunung Welirang Arjuna

Ada 3 jalur pendakian ke gunung Arjuna Welirang

  • Jalur Tretes
  • Jalur Makutoromo/Candi Sepilar (langsung Puncak Arjuna)
  • Jalur Lawang (langsung Puncak Arjuna)
Jalur Makutoromo dan Jalur Lawang nantinya akan bertemu kira-kira 1,5 jam sebelum Puncak Arjuna.
Kali ini saya akan membahas jalur Tretes
RUTE TRANSPORTASI DARI SURABAYA :
Angkutan mulai dari Surabaya (terminal Bungurasih/Purbaya) Naik bis jurusan Malang dari bungurasih (turun di Pandaan). Rp 7.000.
Naik angkutan lokal dari terminal Pandaan turun di Tretes (turun hotel Tanjung). Rp.7.000. Ijin pendakian pada posko (jalan kurang lebih 30 M dari hotel tanjung).

Setelah Melewat gerbang di belakang hotel kita akan menemukan jalur bercabang

  • Ke Kanan menuju Camping ground Kakek Bodo / Wisata Air Terjun Kakek Bodo
  • Lurus/Kiri jalur menuju Gunung welirang/arjuna
Setlah berjalan 30 menit dari percabangan tadi kita akan sampai Pos Pet Bocor (jalan masih beraspal mulus) setelah melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan aspal tadi jalan akan berubah menjadi jalan bebatuan yg rusak, biasanya jalan tersebut dilalui mobil 4×4 untuk mengangkut belerang. Setelah kira2 berjalan 3 jam kita akan sampai di Pos Kop – kopan, dengan tetap mengikuti jalan berbatu yg tadi sekitar 3 jam kita akan sampai di Pos Pondokan (di Pos Kop-kopan/Pondokan terdapat banyak air).

Besok paginya kita dapat mulai mendaki, dan kira-kira 45 menit perjalanan kita jumpai jalan bercabang, kekiri ke arah Gunung Arjuno, atau lurus langsung kearah ke puncak Gunung Welirang. Dari pondok sampai ke puncak Gunung Welirang ini kita melewati hutan Cemara dan kita akan kita akan sampai di puncak G. Welirang setelah perjalanan 2 – 3 jam. Jalur pendakian dari Tretes sampai Gunung Welirang merupakan jalan berbatu yang tertata rapi , tetapi merupakan siksaan tersendiri untuk perjalanan turun.

Dari Puncak Gunung Welirang, yang ditandai dengan batu besar, kita bisa menyaksikan pemandangan menarik kearah Selekta, Tretes dan kaki-kaki langit di Selat Madura. Di bawah puncak Gunung Welirang ada dua kawah berwarna kekuningan yang menyemburkan gas beler\nang; Kawah Jero yang besar dan lebih dalam dan Kawah Plupuh. Bijih belerang di Kawah Jero inilah yang ditambang secara tradisional. Bila kemalaman kita bisa berteduh di gua-gua disekitar Puncak. Bagi yang tidak tahan aroma belerang sebaiknya tidak berlama-lama berada disekitar Puncak dan kawah, karena akan menyebabkan pening. Perlu waktu 3 – 4 jam untuk turun ke Tretes dari Puncak G. Welirang.

Dari Puncak Gunung Welirang Ke Puncak Gunung Arjuna

setelah sesampai di puncak Gunung Welirang kita berjalan turun ± 20 menit(jalurnya tepat berada di belakang tanah lapang antara gunung kembar 1 dan jalur sebelum menuju puncak welirang) tepatnya ke arah selatan. Hutan yang dilalui adalah hutan cemara dengan melewati sebuah jurang dan pinggiran Gunung Kembar I dan Gunug Kembar II. Setelah berjalan 3 – 4 jam kita akan sampai di puncak Arjuna. Tetapi sebelumnya kita akan melewati tempat yang dinamakan “Pasar Dieng”, ketinggiannya hampir sama dengan puncak Gunung Arjuna dan terdapat batu­ yang sebagian tersusun rapi seperti pagar dan tanahnya rata agak luas. Dari sini untuk ke Puncak G. Arjuna hanya memakan waktu ± 10 menit. Untuk mencapai Gunung Arjuna dan Gunung Welirang dibutuhkan waktu 5 sampai 6 jam. Puncak Gunung Arjuna anginnya sangat kencang dan suhunya antara 5-10 derajat celcius. Disini kita dapat menikmati suatu Panorama yang sangat indah terutama bila malam hari, kita dapat melihat ke bawah, kota-kota seperti Surabaya, Malang, Batu, Pasuruan. serta laut utara dengan kerlipan lampu- lampu kapal. Puncak G. Arjuna disebut juga dengan Puncak ‘Ogal-Agil’ atau ‘Puncak Ringgit. Disekitar puncak bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Rute turun dapat alternatif dapat melalui jalu Lawang atau Makutoromo ke arah timur dengan melewati Hutan Cernara, Hutan tropis dan perdu. Untuk turun ke Lawang atau pun Makutoromo diperlukan waktu 5 jam,lebih singkat dibanding kembali ke arah tretes yg memerlukan waktu 7 jam kalau dari puncak Arjuna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s